Friday, April 11, 2014

Resep Steak Ala Warung Steak and Shake Jogja

Yang nama nya jogja itu selalu ngangenin. Ya suasana nya ya makanannya. Kemarin kemarin tuh lagi pengen banget makan steak ala WS. Dulu pas kuliah trus ada temen yg ultah senengnya traktirannya disini. Itu pas tempat makan dan cafe di jogja belum semarak serame seperti sekarang ya. Nyari resep di google eh nemuu. Langsung di copy dan dipraktekkan. Harusnya menyebutkan sumber nya disini. Tp masih bingung cara nge link dari bloggeroid:))) *katrok*

Berikut resepnya dengan beberapa modifikasi dari saya gara2 bahannya pake bahan yang ada;)

Resep steak crispy ala WS :
Bahan :
5 buah daging sapi bagian sirloin masing2 seberat 175 gram atau daging dada ayam tanpa tulang, iris tipis melebar. (Saya beli daging biasa di pasar bukan sirloin, di iris sejalur seratnya)
Saus tiram 1 sachet untuk merendam daging / ayam
4 buah wortel, potong panjang
100 gram buncis, potong panjang
5 buah kentang, potong serasi dengan wortel dan buncis (saya tidak pake, lebih milih makannya pake nasi XD)
2 butir telur, kocok lepas
150 gram tepung terigu
1 sendok makan tepung maizena ( biar lebih crispy)
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh bumbu kaldu rasa ayam
Minyak untuk menggoreng.

Bumbu Saus Steak spesial :

2 buah tomat, rebus, buang biji dan kulit,cincang.
4 siung bawang putih, cicang halus
8 siung bawang merah, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang halus
10 ml saus tiram
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh angciu (saya ga pake, belum tau angciu itu yg gimana)
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh penyedap rasa
1 botol saus tomat ukuran kecil
1/2 sendok makan gula pasir
200 ml air
Minyak goreng untuk menumis ( saya pakai blueband )

Cara membuat :
Saus Spesial : Tumis bawang bombay , bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum. Masukan tomat cincang, air dan bumbu bumbu lain, tambahkan gula pasir,aduk sampai mengental. Jika kurang kental, bisa di tambahkan sedikit maizena cair.
Rendam daging / ayam dalam campuran air, merica bubuk dan saus tiram ( aku cuma merica dan kaldu bubuk saja ).Diamkan 30 menit. Cara saya masukin ke kulkas bawah agak lebih meresap.
Gulingkan daging ke campuran tepung terigu yang sudah di beri merica bubuk, garam, dan penyedap, lalu celupkan ke kocokan telur, lalu gulingkan kembali ke tepung terigu berbumbu , sambil di cubit cubit biar bisa keriting .Goreng di minyak banyak dan panas sampai kuning kecoklatan. Steak crispy yang ok..kulit luarnya crsipy, namun lembut di dalam

Tinggal di sajikan di tata daging steak, wortel dan buncis yang sudah di rebus sebentar tadi.lalu siram dengan saus spesial nya.
Enak bambang gulindang deh ;)






posted from Bloggeroid

1 comment:

  1. Saya pecinta kuliner nih, tapi bisanya cuma makan.. sekali-kali harus coba praktik. Makasih resepnya mbak. Salam kenal ya :)

    ReplyDelete

open for comments^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...