Sunday, January 27, 2013

RECAP BEING A NEW MOM :)

Lagi leyeh leyeh di kamar jaga dokter igd, ada dokter senior di luar jadi bisa santai kayak di pantai dulu:)) update blog dulu yang udah di hinggapi sarang laba2 ....

Oke, sampai dimana hidupmu Rum? Banyak temen, sahabat , sejawat yang nanya gimana rasanya jadi ibu baru. Repot ya? Enak ya? Jawabannya, komplit pake karet dua! huehehehe....

Kenalin dulu kali ya sama si bayi yang udah nemenin ibunya selama 16 minggu. Namanya Haura Insiyya Akhmad. We call her Haura, Ara. But my lil brother call her Nanako, a beautiful girl at Shinchan cartoon. Nda tau kenapa tuh si Om baru ngasih nama anak ku dengan nanako

Sekarang Haura sudah berusia 2 bulan. Hidupnya (dan hidup mommy nya) sudah mulai teeratur meskipun kadang masih ada loncatan2 dia ga nyaman yang bikin waktu tidurnya keganggu. Udah ngerti banget kontak mata sama mommynya, denger suara dipanggil udah nengok, dan udah suka ketawa dengan lesung pipi yang mungil. Uber cute( mumpung anak sendiri, di puji sendiri :p )

Tapi sodara sodara apa yang terjadi dari newborn dan minggu2 awal kehadiran Haura? Penuh drama donk, emang dasarnya saya orang melankolis, kedatangan Haura di hidup saya bikin saya sangat melow, dimana akhirnya mengalami baby blues, untung ga lama lama.

Many things i'll recap about being a new mom :

1. Tobat sama Ibu. Yap, dari Haura lahir sy kaya di tampar kenyataan kalau perjuangan Ibu saya dulu buat ngelahirin dan rasa badan sesudah melahirkan itu sangat....tidak enak. Capek, pegel, jahitan masih nge ganjel, perut yang biasanya gede jadi kerasa nge gantung2 kosong:)) ini saya nya enak, pinggul cukup besar buat ngelairin baby, nah dulu Ibu saya punya riwayat panggul kecil, tapi bisa ngelahirin anaknya dengan proses normal. I give a bow down for her:')

2. Breastfeeding isn't easy as seen as on media, tv or story that i've read. Disini letak kesongongan saya. Merasa 'cukup' berbekal ilmu medis pas kuliah, teori dan gambar latch on saja dan merasa kuat dengan asupan gizi yang segitu2 saja. Nyatanya? Minggu pertama kehidupan Haura di isi dengan ikterik, menguning, sementara asi saya belum lancar karena masih kebawa capek dan bingung. Setelah masalah ikterik hilang, masalah kedua datang. Haura biput alias bingung puting. Gara gara pake dot sembarang. Sebenarnya ga disarankan pake dot sih ya, tapi kasihan yang nge jaga haura kalo pas di tinggal kerja. Cari info2 akhirnya cocok sama bottle merk MAM. Haura udah ga bingung puting lagi sekarang. Masalah ketiga, latch on yang kurang baik bikin puting lecet dan berdarah. Ishh, itu kalo pas nyusuin sampe nangis2 dan keringet dingin. Cari ilmu lagi, nonton video2 latch on lalu praktek bersama haura. Hasilnya?untuk PD kanan udah enak nyusuin, tinggal yang kiri masih suka salah2:)) managemen asip juga masih tahap belajar dan ngajarin banget. Si mba suka se enaknya ngambil botol padahal udah di jelasin tentang manajemen yang pertama masuk kulkas, yang pertama dikeluarin. Jadi manajemen asip harus di barengin dengan manajemen sdm yang ngasih asip.

3. Even i'm a doctor, I'm still a beginner of being mom. Ilmu kita yang di perkuliahan kan teoritis banget ya ceu, tentang penyakit bayi, tumbuh kembang bayi juga secara garis besar. Mana ada tuh dijelasin pas kuliah ekspresi jelas bayi pas ngalamin kolik. Haura kolik pas usia 2 Minggu dan yang bisa saya lakuin...nangis bingung:)) curhat sama temen yang udah jadi ibu dan dokter baru deh tenang ngehadapin bayi kolik:p belum lagi pas bayi gumoh, itu isi kepala muterin teori 'ini gumoh apa muntah, muntah apa gumoh' hahayy...udahlah sekarang tiap ada waktu luang, dihabiskan dengan membaca twit, artikel dan blog yang nyeritain tentang hidup hidup bayi secara real, bukan yang ilmu patofisiologinya, etiologinya lah:p

4. Bersyukur sekali di beri nikmat berupa....suami yang...berusaha memberikan yang terbaik (kalo bahasanya beliau sih). Suami yang udah rela di cubit sebadan badan pas proses persalinan, yang rela tidur lebih sedikit karena nge gendongin baby pas jam tidurnya masih kacau dilanjut nge-jemur Haura tiap hari pas haura ikterik. Yang meski bingung dengan perubahan mood istrinya tapi tetep nanggepin keluh kesah si istri, yang nawarin mau makan apa, mau nyalon apa ga soalnya tau produksi asi deket banget kaitannya sama mood si ibu:)) i lop u pokoknya, suamikuh:))

5. Baby is not a toy like our barbie. They are a little human. Bisa merasa dan berpikir. Awal awal pas capek banget badan, rasanya pengen naruh aja si haura meski dia nangis. Hasilnya anaknya jadi superr cranky. Tapi sekarang mood udah enak udah kerasa feel motherhood nya, si baby di ajak ngobrol dan di kasih pengertian, dia ngerti loh:')




Okeee segini dulu recap nya, postingan blog bakal jadi postingan2 ala emak2 Tapi ya sutralah gapapa yaw..harap mahfum :))))

Ada yang punya recap lucu2 unik2 atau aneh2 Juga? Bakal seneng deh kalo sharing bareng disini :p

Ini foto haura kalo lagi berekspresi minta nenen:))

7 comments:

  1. hihihi...lucu amat mukanya...
    salam kenal ya Haura... :)

    ReplyDelete
  2. aaaw, lutuna baby mu mba.. best of luck on caring for your baby (",)

    ReplyDelete
  3. hwaa, seneng share-nya, sering2 ya ruum

    ReplyDelete
  4. Hahahaha, so cute, baby ara is totally cute <3

    ReplyDelete
  5. dengan seksama baca postingan ini hihihi
    aruum foto hauranya kurang :)))

    ReplyDelete

open for comments^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...