Friday, October 26, 2012

[JENIS KAIN] KAIN SIFON / CHIFFON

 berbagi info lagi tentang kain:)

Kalau mau jujur, di tokokainonline atau di fabricfame sekarang ini banyak sekali permintaan kain sifon, sifon cerutti, dll :) pembelinya kebanyakan sih cewek (ya iyalah rum-,-") tapi ada juga yang cowok. buat apa sih? selidik punya selidik ternyata dikarenakan trend hijab jaman sekarang yang memakai kain sifon sebagai bahan untuk hijab, penambah aksen hijab entah itu untuk hijab/jilbab nya itu sendiri, buat tambahan dress atau buat bros handmade

sebenarnya apa sih kain sifon itu?
kain sifon (konon namanya berasal dari pronosasi bahasa perancis) adalah kain yang dibuat dari bahan dasar kapas, sutra atau fiber sintesis. Sifon paling sering di pakai buat bikin baju atau gaun yang nge-flow (kesannya jatuh dan ringan) atau dibuat lingerie:D

contoh penggunaan kain sifon buat hijab dan dress seperti ini :




jenis jenis kain sifon juga ada beberapa, antara lain yang ada di pasaran:
1. sifon polos--> biasanya terbuat dari material polyster
2. sifon cerruti--> biasanya terbuat dari material serupa sutra, bahan yang paling sering di gunakan untuk kain hijab, gaun biasanya jenis sifon cerutti ini
3. sifon paris
4. sifon krep

nah, karena sifatnya yang alus, jatuh dan tipis (serupa dengan sutra) kadang susah untuk perawatannya. berikut beberapa tips dari fabric fame

1. Jika ingin dicuci di mesin, gunakan air dingin trus pencuciannya jangan di jadikan satu/ dicampur dengan pakaian dengan bahan lain. soalnya kain sifon mudah untuk terkena luntur.

2. Pakai detergen yang lembut, jangan gunakan abu gosok *rrrr........*

3. Untuk pengeringannya, bisa di gantung atau di gelar (di gelar?) karena bahannya yang ringan ga terlalu ngaruh sama gravitasi jadi tidak akan melar dengan mudahnya.

trus kalo misalnya kain sifon kita kena noda, bagaimana cara membersihkannya?
menurut info yang fabricfame dapat, caranya adalah :
1. sediain kain dengan bahan lain yang menyerap ( I think the best fabric is cotton or cloth alias kain kaos). bahannya yang polosan saja.


2. letakkan kain sifon yang kena noda di atas kain katun/ kain kaos, lalu di gosok/usap perlahan, seperti yang di sebutkan di awal sifat sifon yang tipis ini jadi keuntungan, noda yang diusapkan perlahan tsb bisa pindah ke kain kaos

3. Kalo noda nya agak2 bandel, bisa dibantu dengan naburin sedikit bedak di atas noda tersebut. biasanya sih noda bandel itu yang mengandung minyak, nah fungsi bedak ini untuk menghilangkan minyak tersebut, selanjutnya bisa dengan proses pembersihan/pencucian sifon seperti biasa:D


kalau ada yang ingin order kain sifon, monggoh mampir ke website tokokainonline lalu menghubungi kami di nomor/email dan pin bb yang tertera:)

sifon krep





*gambar di ambil dari komunitas hijabers community, dan koleksi kain toko:)

3 comments:

  1. mba saya mau lihat kain sifonnya, online shopnya apa ya mba?

    ReplyDelete
  2. cari kain??
    silahkan cek di www.kainkiloan.com
    kami menyediakan berbagai macam kain dengan harga murah dan berkualitas..

    ReplyDelete
  3. Kalau mau beli kain online di mana ya mba? Sy cek ke tokokainonline.com kok ga ada yaa? Trims

    ReplyDelete

open for comments^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...