Wednesday, August 18, 2010

[REPOST] BERENCANA BERKEUANGAN

Saya habis liat liat postingan di perencanakeuangan.com, qmfinancial.com, dan zapfin.com Tak lain dan tak bukan karena akhir akhir ini saya memang sedang tertarik tertariknya dengan dunia keuangan..
Padahal background pendidikan kagak ada yang nyangkut2 di situ,tapi hal hal tentang keuangan itu emang paling asik dipelajari justru pasa saya ga berkecimpung di dalamnya..

Searching tentang reksadana dan deposito,ada juga tentang investasi koinAlign Center atau batangan emas.Ada ibu ibu yang curhat sudah berumur 59 tahun tapi baru mau merencanakan keuangannnya.Ada mas mas yang cerita punya duit 30 juta yang 'nganggur'(Kok bisa sih nganggur) yang rencananya mau dipakai buat modal nikah.tapi belum punya rumah dan mobil...


Nah pas baca postingan postingan itu,saya dapet deh artikel seperti ini....kalo ga salah ini dari milis perencanakeuangan yang saya ublek ublek..

Jadi ada satu kuis yang menyatakan kesiapan secara finansial untuk pasangan pasangan yang ingin menikah.Kalo kita udah punya pasangan trus kita pengen nikah,maka otomatis banyak hal yang mesti dipersiapkan.Termasuk nantinya apakah kita siap secara mental dalam finansial keluarga kita....Kuisnya kayak gini nih :

1. Kita membicarakan masalah keuangan secara regular— Yes or No
2. Kita telah memutuskan siapa yang akan mengatur masalah tagihan begitu menikah—Yes or No.
3. Saya merasa pasangan saya mengelola keuangannya dengan baik—Yes or No.
4. Saya tau berapa utang dan tabungan pasangan saya saat ini (sebelum menikah)—Yes or No.
5. Di antara kita berdua, kami memiliki 5 kartu kredit—Yes or No.
6. Saya merasa, pasangan saya selalu menghindar bila membicarakan soal uang—Yes or No.
7. Kita memiliki impian keuangan yang sama—Yes or No.
8. Kita sudah menyepakati berapa kebutuhan biaya untuk hidup nyaman—Yes or No.
9. Bila kita mendiskusikan soal uang, pasangan saya tidak pernah menyepelekan pendapat saya—Yes or No.
10. Kita memiliki rencana keuangan—Yes or No.

Untuk menghitung nilai yang didapat, untuk no. 1,2,3,4,7,8,9, dan 10 bila jawaban Anda “Yes” Anda mendapat 1 nilai. Untuk No.5 dan 6, bila jawaban Anda “No” maka Anda memperoleh 1 nilai. Total semua jawaban Anda dan perhatikan ukuran nilai di bawah ini.

Range Nilai 0-5

Bila nilai Anda berada dalam range nilai ini, maka bisa dikatakan bahwa keselarasan keuangan Anda dan pasangan Anda memerlukan perhatian. Coba minta pasangan Anda untuk menjawab quiz tersebut di atas, bila jawabannya masih tetap tidak banyak berubah, Anda dan pasangan Anda sangat membutuhkan profesional keuangan untuk membantu Anda memahami lebih dalam soal keuangan keluarga dan melihat perspektif keuangan yang sama antara Anda dan pasangan Anda.

Range Nilai 6-10

Anda dan pasangan masa depan Anda memiliki banyak kesamaan dari segi padangan mengenai uang. Pastinya cinta pada pandangan pertama bukan? Dalam hal ini Anda berada dalam jalur yang benar. Terus berkomunikasi, dan yang lebih penting lagi adalah terus lakukan perencanaan yang telah Anda buat dan ikuti perkembangannya setahun sekali. Rasa risponsibiliti Anda terlihat jelas bahwa Anda merasa bahwa perencanaan keuangan sangat penting dalam mengarungi bahtera kehidupan berumah tangga.



Taraaa...lalu saya coba coba deh...dan hasilnya..ehm ehm...RAHASIA^^.....



Yang buat saya ngerasa oke sama kuis ini,saya jadi tahu banyak ternyata memang banyak hal yang mesti dipersiapkan ketika menikah.Semua aspek.Tapi jangan karena hal hal seperti itu lantas memberatkan kita untuk melangkah ke jenjang yang lebih mulia itu.
Soalnya masih banyak aspek kan yah yang mesti di lihat?hehehehe,,belum tahu dink,,belum pernah menikah..

Sebenarnya inti postingan ini apa sih?gara gara dosen di kampus pada manas manasin buat nikah mudah,nikah cepet ,saya jadi punya banyak pikiran bagaimana ya nanti membangun rumah tangga yang bahagia dunia akhirat



*berencana berkeuangan dengan benar untuk masa depan yang bahagia*
*sambil utak atik web2 keuangan lagih*

1 comment:

  1. Wah,,,baru tau ada kuis2 kaya gini...aku juga berencana menikah 1,5 bulan lagi...(Doain smua lancar ya...) Dan skarang lagi dilanda krisis setelah harus membayar tagihan vendor2 itu...hehehe,,,intinya shock ngeliat tagihan yg banyak bgt itu...

    ReplyDelete

open for comments^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...